Sabtu, 25 November 2017

8+ Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

8+ Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja - Pada dasarnya menulis surat resign sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan. Kaidah-kaidah yang harus digunakan yaitu bahasa Indonesia yang digunakan harusnya berdasarkan Ejaan yang baik dan benar. Sama halnya dengan menulis bahasa inggris yang baik, maka harus memperhatikan grammar nya.

Selain ketentuan-ketentuan yang telah disebutkan di atas. Isi dari surat resign ini harus juga memakai tata krama yang sopan agar tidak menimbulkan kesalah pahaman antara pribadi dengan perusahaan.





Oleh karena itu, disini kami akan memberikan contoh surat pengunduran diri atau resign. Namun sebelum itu kita akan bahas beberapa hal yang harus diketahui dalam menulis surat resign/pengunduran diri. Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan yaitu:

1. Tulislah surat pengunduran diri anda dengan singkat, jelas dan padat.
2. Bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang manis dan sopan.
3. Surat pengunduran diri yang anda tulis harus memberikan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian secukupnya untuk perusahaan dan rekan-rekan seperjuangan anda di kantor.

Sebaiknya anda merahasiakan dan tidak memberitahu secara detail di dalam lisan maupun tulisan mengenai alasan mengapa anda memilih mengundurkan diri dari pekerjaan itu. (Berikan alasan secukupnya)

Berikan sesuatu barang yang memiliki makna tersendiri agar anda juga meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang akan anda tinggalkan tersebut. Poin ini di luar penulisan. Inti dari poin ini anda dapat memberikan ide atau gagasan (tidak harus barang) yang bermanfaat bagi perusahaan yang anda tinggalkan.

Baiklah berikut ini contoh-contoh surat pengunduran diri dari berbagai aspek, tempat kerja, organisasi, jabatan dan lain-lain. Silahkan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja




Makassar, 18 Agustus 2017

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Dimas Andrean Putra
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.Hormat saya,

Dimas Andrean Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar