Jumat, 24 November 2017

Inilah Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Inilah Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja - Pada dasarnya menulis surat resign sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan. Kaidah-kaidah yang harus digunakan yaitu bahasa Indonesia yang digunakan seyogyanya berdasarkan Ejaan yang baik dan benar. Hampir sama menulis bahasa inggris yang baik, maka harus memperhatikan grammar nya.

Selain ketentuan-ketentuan yang telah disebutkan di atas. Isi dari surat pengunduran diri ini harus juga memakai pilihan kata yang sopan agar tidak menimbulkan kesalah pahaman antara pribadi dengan perusahaan.





Maka dari itu, disini kami akan memberikan contoh surat pengunduran diri atau resign. Namun sebelum itu kita akan bahas beberapa hal yang harus diketahui dalam menulis surat resign/pengunduran diri. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

1. Tulislah surat pengunduran diri anda dengan singkat, jelas dan padat.
2. Bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang manis dan sopan.
3. Surat pengunduran diri yang anda tulis harus memberikan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian secukupnya untuk perusahaan dan rekan-rekan seperjuangan anda di kantor.

Sebaiknya anda merahasiakan dan tidak membeberkan secara detail di dalam lisan maupun tulisan mengenai alasan mengapa anda memilih mengundurkan diri dari pekerjaan itu. (Berikan alasan secukupnya)

Berikan sesuatu tanda mata yang memiliki makna tersendiri agar anda juga meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang akan anda tinggalkan tersebut. Poin ini di luar penulisan. Maksud dari poin ini anda dapat memberikan ide atau gagasan (tidak harus barang) yang bermanfaat bagi perusahaan yang anda tinggalkan.

Baiklah berikut ini contoh-contoh surat pengunduran diri dari berbagai aspek, tempat kerja, organisasi, jabatan dan lain-lain. Silahkan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja



Magetan, 03 Agustus 2017

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Nusa Bangsa Jaya
Magetan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dian Sastro Wijaya Kusuma
Alamat: Jln. Persatuan raya Magetan Sejuk Alami no. 13 Magetan
Jabatan: Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 05 Agustus 2017.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan
Kabag. IT Support

Hormat saya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar