Jumat, 02 Maret 2018

Cara Curriculum Vitae Tulis Tangan

Contoh CV – Curriculum Vitae atau apabila disingkat CV berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia berarti Daftar Riwayat hidup. Sekiranya anda mengetahui elemen-faktor apa saja dalam dalam CV yang wajib dicantumkan di dalamnya, maka membikin CV tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Bagi Anda yang berkeinginan melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi, hampir senantiasa akan membutuhkan sebuah Daftar Riwayat Hidup. Kecuali surat lamaran pekerjaan, Daftar Riwayat Hidup ini umumnya kerap menjadi salah satu persyaratan totaliter yang diharapkan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang membuka sebuah lowongan pekerjaan. Dengan adanya Daftar Riwayat Hidup ini karenanya pihak perusahaan akan mengetahui riwayat perjalanan hidup si pelamar kerja. Baik dari segi pengajaran, prestasi, pengalaman kerja, dan lain – lain.

contoh cv surat lamaran

Kalau Anda mengalami kesusahan untuk membikin atau sekedar memerlukan referensi bagaimana cara membikin Daftar Riwayat Hidup ini, tulisan ini bisa jadi akan sangat menolong Anda. Dalam membentuk Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) ini Anda dapat mengaplikasikan cara tulis tangan manual maupun dengan metode diketik via media komputer. Kalau Anda melamar profesi lewat surat elektronik maka Daftar Riwayat Hidup ini bisa Anda kirim dalam bentuk word document (.doc). Baca : contoh surat resign

Sistem Menulis CV Surat Lamaran yang benar

1. Info yang Benar
Berdasarkan Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi semua isu nyata yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. \"Jangan kita paksakan umpamanya harusnya umur telah tidak pantas dengan batas minimal perusahaan yang dituju melainkan pun memaksakan,\" ujarnya ketika dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Lengkap & Padat
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kecakapan, latar belakang pendidikan dan juga isu-info tambahan lainnya yang jikalau bisa mendukung profil Anda di mata staf personalia atau user. Misalnya pelatihan yang pernah ditiru, kursus atau pengalaman organisasi.

\"Yang pasti kita membuat artikel Contoh CV itu singkat padat tetapi bisa memasarkan diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching,\" tutur wanita alumni Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Gampang Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan mudah dibaca. Font artikel cukup besar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Tiap alinea jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa secara khusus dahulu ringkasan Anda dan jangan sampai ada yang salah tulis. Apabila melamar pekerjaan melewati e-mail atau web lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya. Baca : contoh surat izin

5. Sertakan Berita Tambahan yang Menunjang
Sertakan pengalaman kerja atau kesanggupan yang layak dengan bidang besi. Seumpama Anda pernah mencontoh training jurnalistik bila berharap melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Dapat juga prestasi yang pernah diperoleh untuk memperlihatkan keseriusan dalam melamar kerja.

\"Prestasi juga perlu ditulis seperti pertandingan nyanyi atau tulis saja. Nggak masalah, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu cuma sebagai berita tambahan. Dengan demikian itu bisa dievaluasi kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi cuma menjadi info tambahan,\" papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum cuma dua halaman dan itu telah mencakup segala kabar inti tentang Anda. Hanya profesional atau orang yang telah pernah memegang jabatan tinggi, mempunyai segudang pengalaman yang seharusnya dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Jelas
Kalau mengirim surat lamaran via surat elektronik, pastikan subjek yang Anda cantumkan terang (seumpama: \'CV marketing\' atau \'calon reporter\'). File attachment juga harus terang, seperti \'lampiran portfolio\' atau \'figur tulisan\'.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

I. Data Pribadi

Nama : Aprilia Handayani
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 9 Desember 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jalan Kebon Agung 123, Mlati, Sleman, Yogyakarta
Nomor Handphone : 085666777888
E-mail : alumniniumaprilia@email.com

II. Riwayat Pendidikan

- FORMAL

Tahun 2000 – 2006 : SD Negeri 1 Mlati
Tahun 2006 – 2009 : SMP Negeri 2 Yogyakarta
Tahun 2009 – 2012 : SMK Negeri 1 Yogyakarta
Tahun 2012 – 2016 : Universitas Teknologi Yogyakarta (IPK 3,5)

- NON - FORMAL

Tahun 2013 : Pelatihan Pemrograman Java di Jakarta

III. Pengalaman Organisasi

- Ketua OSIS SMK N 1 Yogyakarta periode 2007 – 2008
- Sekretaris BEM UTY tahun 2014

IV. Keahlian Khusus

- Bahasa Inggris (Writing, Listening, Speaking)

- Pengelasan Besi (kanopi)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 23 Desember 2016
Hormat saya,

(Aprilia Handayani)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar