Jumat, 09 Maret 2018

Format Resume Bentuk Word

Model CV – Curriculum Vitae atau jika disingkat CV menurut kamus besar Bahasa Indonesia berarti Daftar Riwayat hidup. Kalau anda mengetahui unsur-elemen apa saja dalam dalam CV yang harus dicantumkan di dalamnya, maka membuat CV tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Bagi Anda yang berharap melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi, hampir selalu akan memerlukan sebuah Daftar Riwayat Hidup. Kecuali surat lamaran profesi, Daftar Riwayat Hidup ini umumnya kerap kali menjadi salah satu persyaratan totaliter yang diharapkan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang membuka sebuah lowongan profesi. Dengan adanya Daftar Riwayat Hidup ini maka pihak perusahaan akan mengetahui riwayat perjalanan hidup si pelamar kerja. Bagus dari segi pendidikan, prestasi, pengalaman kerja, dan lain – lain.

contoh cv surat lamaran

Apabila Anda mengalami kesusahan untuk membikin atau sekadar membutuhkan rujukan bagaimana metode membuat Daftar Riwayat Hidup ini, tulisan ini dapat jadi akan benar-benar menolong Anda. Dalam membentuk Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) ini Anda dapat mengaplikasikan cara tulis tangan manual maupun dengan cara diketik melewati media komputer. Jikalau Anda melamar pekerjaan via surat elektronik karenanya Daftar Riwayat Hidup ini bisa Anda kirim dalam wujud word document (.doc). Baca : contoh surat resign

Sistem Menulis CV Surat Lamaran yang benar

1. Kabar yang Benar
Berdasarkan Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi semua isu riil yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. \"Jangan kita paksakan seumpama harusnya usia sudah tak cocok dengan batas minimal perusahaan yang dituju melainkan pun memaksakan,\" ujarnya dikala dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Komplit & Padat
Cantumkan nama, domisili, status pernikahan, kecakapan-kesanggupan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-info tambahan lainnya yang seandainya bisa menunjang profil Anda di mata staf personalia atau user. Semisal pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.

\"Yang pasti kita membuat tulisan Contoh CV itu singkat padat tetapi dapat menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching,\" tutur wanita alumni Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Mudah Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan gampang dibaca. Font tulisan cukup besar supaya HRD nyaman dan jelas membacanya. Tiap alinea jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa terutama dahulu kesimpulan Anda dan jangan sampai ada yang salah tulis. Jikalau melamar profesi melewati surel atau situs lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya. Baca : contoh surat izin

5. Sertakan Kabar Tambahan yang Mendorong
Sertakan pengalaman kerja atau kecakapan yang sesuai dengan bidang baja ringan. Misalnya Anda pernah mencontoh training jurnalistik bila berharap melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Dapat juga prestasi yang pernah didapatkan untuk menampilkan keseriusan dalam melamar kerja.

\"Prestasi juga perlu ditulis seperti lomba nyanyi atau tulis saja. Nggak dilema, setidaknya cukup memasarkan CV itu. Itu cuma sebagai isu tambahan. Dengan seperti itu dapat dievaluasi kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi hanya menjadi info tambahan,\" papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum hanya dua halaman dan itu telah mencakup semua kabar inti perihal Anda. Hanya profesional atau orang yang telah pernah memegang jabatan tinggi, mempunyai segudang pengalaman yang sepatutnya dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Jelas
Jika mengirim surat lamaran lewat surel, pastikan subjek yang Anda cantumkan terang (umpamanya: \'CV marketing\' atau \'calon reporter\'). File attachment juga seharusnya terang, seperti \'lampiran portfolio\' atau \'figur artikel\'.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

I. Data Pribadi

Nama : Aprilia Handayani
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 9 Desember 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jalan Kebon Agung 123, Mlati, Sleman, Yogyakarta
Nomor Handphone : 085666777888
E-mail : alumniniumaprilia@email.com

II. Riwayat Pendidikan

- FORMAL

Tahun 2000 – 2006 : SD Negeri 1 Mlati
Tahun 2006 – 2009 : SMP Negeri 2 Yogyakarta
Tahun 2009 – 2012 : SMK Negeri 1 Yogyakarta
Tahun 2012 – 2016 : Universitas Teknologi Yogyakarta (IPK 3,5)

- NON - FORMAL

Tahun 2013 : Pelatihan Pemrograman Java di Jakarta

III. Pengalaman Organisasi

- Ketua OSIS SMK N 1 Yogyakarta periode 2007 – 2008
- Sekretaris BEM UTY tahun 2014

IV. Keahlian Khusus

- Bahasa Inggris (Writing, Listening, Speaking)

- Pengelasan Besi (kanopi)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 23 Desember 2016
Hormat saya,

(Aprilia Handayani)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar