Jumat, 09 Maret 2018

Format Resume Tulis Tangan

Contoh CV – Curriculum Vitae atau bila disingkat CV berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia berarti Daftar Riwayat hidup. Bila anda mengetahui faktor-faktor apa saja dalam dalam CV yang harus dicantumkan di dalamnya, karenanya membuat CV tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Bagi Anda yang mau melamar profesi di suatu perusahaan atau instansi, hampir selalu akan membutuhkan sebuah Daftar Riwayat Hidup. Kecuali surat lamaran profesi, Daftar Riwayat Hidup ini umumnya tak jarang menjadi salah satu prasyarat mutlak yang diharapkan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang membuka sebuah lowongan profesi. Dengan adanya Daftar Riwayat Hidup ini maka pihak perusahaan akan mengenal riwayat perjalanan hidup si pelamar kerja. Bagus dari segi pendidikan, prestasi, pengalaman kerja, dan lain – lain.

contoh cv surat lamaran

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk membikin atau sekedar membutuhkan acuan bagaimana sistem membikin Daftar Riwayat Hidup ini, tulisan ini bisa jadi akan sungguh-sungguh membantu Anda. Dalam membentuk Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) ini Anda bisa menerapkan sistem tulis tangan manual ataupun dengan cara diketik melalui media komputer. Sekiranya Anda melamar profesi melewati surel maka Daftar Riwayat Hidup ini dapat Anda kirim dalam format word document (.doc). Baca : contoh surat resign

Metode Menulis CV Surat Lamaran yang benar

1. Isu yang Benar
Menurut Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi segala isu kongkrit yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. \"Jangan kita paksakan umpamanya harusnya umur telah tidak layak dengan batas minimal perusahaan yang dituju namun pun memaksakan,\" ujarnya saat dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Lengkap & Padat
Cantumkan nama, domisili, status pernikahan, kesanggupan-kecakapan, latar belakang pendidikan dan juga kabar-info tambahan lainnya yang seandainya dapat mendorong profil Anda di mata staf personalia atau user. Contohnya pelatihan yang pernah dicontoh, kursus atau pengalaman organisasi.

\"Yang pasti kita membikin artikel Contoh CV itu singkat padat tetapi bisa memasarkan diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching,\" tutur wanita alumnus Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Mudah Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan gampang dibaca. Font tulisan cukup besar supaya HRD nyaman dan terang membacanya. Tiap alinea jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang bagus dan tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa terutama dulu simpulan Anda dan jangan hingga ada yang salah tulis. Sekiranya melamar pekerjaan melewati e-mail atau web lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya. Baca : contoh surat izin

5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mensupport
Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yang cocok dengan bidang baja ringan. Seumpama Anda pernah mencontoh training jurnalistik bila mau melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Bisa juga prestasi yang pernah diperoleh untuk memperlihatkan keseriusan dalam melamar kerja.

\"Prestasi juga perlu ditulis seperti perlombaan nyanyi atau tulis saja. Nggak persoalan, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu cuma sebagai kabar tambahan. Dengan semacam itu bisa dievaluasi kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi hanya menjadi informasi tambahan,\" papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum hanya dua halaman dan itu telah meliputi semua informasi inti seputar Anda. Hanya profesional atau orang yang sudah pernah memegang jabatan tinggi, memiliki segudang pengalaman yang mesti dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Terang
Apabila mengirim surat lamaran melewati surel, pastikan subjek yang Anda cantumkan jelas (seumpama: \'CV marketing\' atau \'calon reporter\'). File attachment juga semestinya terang, seperti \'lampiran portfolio\' atau \'model tulisan\'.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

I. Data Pribadi

Nama : Aprilia Handayani
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 9 Desember 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jalan Kebon Agung 123, Mlati, Sleman, Yogyakarta
Nomor Handphone : 085666777888
E-mail : alumniniumaprilia@email.com

II. Riwayat Pendidikan

- FORMAL

Tahun 2000 – 2006 : SD Negeri 1 Mlati
Tahun 2006 – 2009 : SMP Negeri 2 Yogyakarta
Tahun 2009 – 2012 : SMK Negeri 1 Yogyakarta
Tahun 2012 – 2016 : Universitas Teknologi Yogyakarta (IPK 3,5)

- NON - FORMAL

Tahun 2013 : Pelatihan Pemrograman Java di Jakarta

III. Pengalaman Organisasi

- Ketua OSIS SMK N 1 Yogyakarta periode 2007 – 2008
- Sekretaris BEM UTY tahun 2014

IV. Keahlian Khusus

- Bahasa Inggris (Writing, Listening, Speaking)

- Pengelasan Besi (kanopi)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 23 Desember 2016
Hormat saya,

(Aprilia Handayani)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar